Debat Perdana Capres Usai, Menanti Tema Terkait Pemerintah Desa, Perangkat Desa Dan Pembangunan Desa

Jakarta – KPU telah selesai melaksanakan Debat Capres-Cawapres 2024 edisi perdana, yang digelar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2023),.

Debat dihadiri tiga paslon Capres – Cawapres terdaftar yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dilansir dari liputan6, acara debat mendapat banyak tanggapan publik maupun warganet. Banyak yang menilai meski baru edisi perdana, Debat Capres 2024 sudah mulai seru dan ‘panas’. Misalnya saja, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang disebut tampil paling ekspresif.

Menteri Pertahanan RI ini memaparkan visi dan misi serta menjawab pertanyaan capres lainnya dengan penuh semangat dan menggebut-gebu. Saat memberikan jawaban dan waktunya sudah habis, Prabowo terlihat merasa kurang puas tapi kemudian tersenyum. Ia bahkan hampir saja berjoget untuk memenangkan penonton dan para pendukungnya yang datang langsung ke KPU.

Sementara capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo terlihat tampil lebih tenang. Ia menjawab semua pertanyaan dan memaparkan visi dan misi dengan intonasi yang lancar dan tenang. Berbeda dengan Prabowo dan Anies yang beberapa kali saling menanggapi jawaban mereka, mantan Gubernur Jawa Tengah ini bahkan lebih banyak bercerita mengenai pengalamannya selama berkampanye di sejumlah daerah.

Sedangkan Anies sejak awal debat memang tampil tenang tapi sudah melontarkan visi dan misi serta jawaban yang menyinggung pemerintah yang berkuasa saat ini. Yang banyak disorot warganet di Twitter adalah saat dirinya mengemukakan tentang masalah hukum di Indonesia.

Menurut Anies Baswedan, penegakan hukum saat ini berlaku sesuai dengan kepentingan penguasa. “Yang terjadi banyak aturan ditekuk sesuai kepentingan yang sedang memegang kekuasaan, apakah ini diteruskan? tidak.” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam acara yang berlangsung hampir 3 jam ini, belum tersentuh sama sekali perdebatan mengenai pembangunan desa, masyarakat desa dan pemerintahan desa. Menarik di tunggu mengingat masih ada 4 kali debat Capres dan Cawapres yang akan dilangsungkan oleh KPU.

Semoga saja tema pembahasan mengenai pemerintah desa dan pembangunan desa turut masuk dalam diskusi antara calon pemimpin bangsa yang akan bertarung di 14 Februari 2024 nanti.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *