Dialog Bersama Bupati, PPDI Wonogiri Pinta Kenaikan Siltap Dan Dana Purnatugas

WONOGIRI — Ratusan Pengurus  Kecamatan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Se-Kabupaten Wonogiri berkumpul di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Jum’at siang (17/11).

Kedatangan para pengurus PPDI tingkat kecamatan ini dalam rangka Dialog Pengurus PPDI Wonogiri dengan Bupati Joko Sutopo atau yang biasa di panggil Mas Jekek.

Dalam agenda yang bertujuan menyamakan persepsi antara pengurus PPDI se-Kabupaten Wonogiri dalam rangka penguatan internal organisai, selain itu juga membuka ruang dialog antara perangkat desa dengan Bupati Wonogiri.

Dalam sambutan pembuka Ketua PPDI Wonogiri, Tugino, menyampaikan progres PPDI sejauh ini termasuk telah terbitnya Surat Keterangan Terdaftar (SKT) PPDI di Dinas Kesbangpollinmas Kabupaten Wonogiri.

Selain itu Tugino juga mengatakan para perangkat desa berharap siltap mereka bisa naik tapi ia tidak menjelaskan secara pasti besaran kenaikan yang diharapkan. Tugino menyebut kali terakhir siltap perangkat desa naik yaitu pada 2019 lalu.

Menurut Tugino, siltap perangkat desa sudah waktunya naik mengingat tuntutan dan beban kerja para perangkat desa juga semakin berat. Selain itu, kebutuhan ekonomi setiap tahun di Wonogiri juga meningkat.

Tugino melanjutkan selain kenaikan penghasilan tetap, PPDI Wonogiri juga berharap kepada Pemkab Wonogiri memberikan apresiasi kepada perangkat desa ketika sudah purnatugas. Apresiasi itu berupa pesangon senilai satu tahun gaji atau siltap.

Hal senada juga di ungkap oleh Dion, salah satu Ketua PPDI Kecamatan disaat menyampaikan aspirasinya didepan Mas Jekek.

“ Selain ucapan terima kasih kami atas keberlangsungan program infrastruktur di sepanjang jalan menuju Karangtengah, kami juga berharap Pemerintah Kabupaten bisa mengalokasikan anggaran bagi perangkat desa yang sudah purna tugas,” ujar Dion, yang berasal dari Kecamatan Karangtengah.

Menurutnya, selama ini, ketika perangkat desa yang sudah purnatugas pada usia 60 tahun tidak mendapatkan pesangon.

Sementara itu Bejo, Ketua PPDI Kecamatan Eromoko mengusulkan agar putra-putri Perangat Desa yang berprestasi bisa mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan aspirasi para perangkat desa yang meminta kenaikan pengasilan tetap itu akan dicatat.

Dia belum bisa memastikan akan menyanggupi permintaan kenaikan siltap itu atau tidak. Hanya, bupati yang akrab disapa Jekek itu menyebut siltap bisa naik jika pendapatan asli daerah (PAD) juga naik.

“Usulan-usulan itu bisa dipertimbangkan kalau ada kenaikan PAD kami yang cukup signifikan. Yang terpenting sekarang, besaran siltap sudah memenuhi standar minimal di Kabupaten Wonogiri,” kata Mas Jekek.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wonogiri juga mempersilahkan kepada PPDI untuk segera diadakan Pengukuhan Kepengurusan ditingkat Kabupaten.

“ Kita sepakati bersama, di akhir bulan (Nopember) ini, kita akan kukuhkan Kepengurusan PPDI Kabupaten Wonogiri, silahkan persiapan segala kebutuhannya termasuk menu makanan apa yang di pesan nanti, biar Pemkab yang menyiapkan,” ujar Bupati Joko Sutopo diakhir acara.

About admin

Check Also

Sekretaris Daerah Buka Raker Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kalimantan Tengah 2024

Pаlаngkа Raya – Sеkrеtаrіѕ Dаеrаh (Sеkdа) Provinsi Kalimantan Tеngаh, H. Nuryakin, mеmbukа Rараt Kеrjа Penyelenggaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *