Dorong Gaji Ke-14, Perangkat Desa Wonogiri Harus Siap Bersinergi Positip

Wonogiri – Perangkat Desa di Kabupaten Wonogiri pantas berharap lebih dengan peningkatan kesejahteraan di tahun 2022 ini, hal ini terungkap dari hasil kunjungan beberapa aktivis perangkat desa dengan Anggota Komisi 1 DPRD Wonogiri.

Dalam agenda tersebut, Anggota DPRD dari Fraksi PDIP, Rusdiana, menyampaikan bahwa Komisi 1 mendorong Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PMD untuk mengalokasikan anggaran bagi gaji ke-14 perangkat desa.

“ Setelah regulasi tentang gaji ke-13 terbit, Dewan berupaya terus mendorong peningkatan kesejahteraan bagi rekan-rekan pamong di 251 desa pada tahun 2022 ini,” ujar Pak Nana, sapaan akrab anggota dewan yang berangkat dari Dapil III Wonogiri ini.

Lebih lanjut disampaikan, gaji ke-13 yang diberikan dalam bentuk Tunjangan Hari Raya ataupun gaji secara langsung memang masih tergantung pada kemampuan desa untuk nominalnya, dan ini yang kita dorong terus untuk mendapatkan penambahan yang bersumber dari APBD kabupaten.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu perwakilan perangkat desa yang hadir, regulasi untuk gaji ke-14 ini diharapkan sama nominalnya antara desa satu dengan desa yang lain.

“ Kalau kembali ke kemampuan desa, tentu bisa menimbulkan kecemburuan antara perangkat desa yang satu dengan yang lain,” ujar Arief Gunawan, mewakili perangkat desa yang lain.

Perangkat Desa di Kabupaten Wonogiri sendiri sudah menerima penghasilan tetap sebesar Rp. 2.050.000,- tiap bulan, yang pendistribusiannya sudah langsung ke rekening pribadi perangkat desa. Selain itu juga sudah mendapatkan gaji ke-13 sebagaimana disebutkan diatas, yang pada pemberiannya lewat THR pada saat lebaran.

“ Hal ini harus direspon balik oleh rekan-rekan perangkat desa, apalagi setelah pengisian perangkat desa di akhir tahun yang lalu, tentu semakin banyak perangkat desa baru yang di harapkan makin memberikan kontribusi positip terhadap pelaksanaan program-program pembangunan desa,” tambah Tugino, salah satu perangkat desa di Kecamatan Wonogiri.

Pada ujung diskusi, Pak Nana juga menyampaikan pesan agar rekan-rekan perangkat desa di Wonogiri untuk terus berinovasi, berkreasi sesuai bidangnya masing-masing tanpa meninggalkan tupoksi sebagai perangkat desa.

“ Tentu dengan sesanti (slogan) Go Nyawiji, Sesarengan Mbangun Wonogiri,” pungkas legislator yang juga mantan Kepala Desa ini.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *