DPR Buka Masa Persidangan Ke-IV, Begini Kelanjutan Pembahasan Revisi UU Desa

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menggelar sidang paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (5/3/2024).

Agenda tersebut menjadi rapat paripurna DPR perdana usai Pemilu 2024 digelar yang kali ini dihadiri oleh 164 orang anggota DPR. Rapat sendiri dimulai pukul 10.05 WIB.

“Menurut catatan dari Kesekretariatan Jenderal DPR RI, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna DPR RI ini telah ditandatangani, oleh hadir 164 orang, izin 126 orang, total 290 orang dari 575 anggota DPR RI,” kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membuka rapat paripurna.

“Dengan demikian kuorum telah tercapai. Dan dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim Rapat Paripurna ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024, kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Dasco.

Setelah membacakan jumlah hadirin rapat paripurna, Dasco meminta seluruh hadirin untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sepanjang rapat paripurna yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut, sama sekali tidak disinggung tentang kelanjutan pembahasan dari revisi UU No 06 Tahun 2014 Tentang Desa.

Padahal dalam kesepakatan Sidang Paripurna Penutupan Masa Sidang sebelumnya, awal Februari (06/02/2024) pembahasan lanjutan dari revisi UU Desa ini akan dilanjutkan setelah Pemilu.

Sementara itu rapat paripurna pembukaan kali ini berisi dua agenda, yakni pidato Ketua DPR Puan Maharani dan Pengganti Antarwaktu Anggota DPR RI dan MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024. Sebelumnya, DPR telah melakukan reses selama kurang lebih satu bulan yang berlangsung sejak Rabu, 7 Februari 2024.

Ketua DPR Puan Maharani diwakili oleh Dasco karena Puan masih berada di luar negeri dalam rangka kunjungan kerja. Tampak hadir di meja pimpinan DPR selain Dasco, yakni Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus dan Rachmat Gobel.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *