FGD Menuju Revisi UU Desa, DR Sutoro Eko Sampaikan 3 Hal Perjuangan Perangkat Desa, PNS Salah Satunya

Sleman – DR Sutoro Eko Yunanto MSi, Rektor  menyampaikan tiga hal pembahasan dalam Forum Discussion Group (FGD) yang berlangsung di Puri Mataram Desa Tridadi Sleman Yogyakarta,Sabtu (2/9/2023).

Agenda dengan tema “Mendiskusikan Rancangan Perubahan Undang Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa”  yang diinisiasi oleh PPDI Propinsi Yogyakarta ini, dihadiri oleh 15 orang Ketua PPDI Propinsi yang datang dari seluruh Indonesia.

Antusiasme positip begitu terlihat peserta yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia seperti, Riau, Jambi, Bengkulu, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan dan Timur serta dari tuan rumah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu tampak pula kehadiran Sekjen PPDI, Soedjoko dari Bojonegoro dan Wakil Sekjen Rofiq Faturrahman dari Wonosobo, yang mewakili pengurus Pusat PPDI.

“ Kami berharap agenda ini bisa berkelanjutan, mengingat sejauh ini belum terlihat langkah-langkah internal yang diambil oleh organisasi untuk menyamakan visi dan misi perjuangan mensikapi pembahasan revisi UU Desa,” ujar salah satu Peserta yang enggan disebutkan namanya.

Dalam acara FGD ini sendiri, Dr. Sutoro Eko Yunanto MSi menyampaikan 3 hal pembahasan utama, yaitu pengangkatan perangkat desa menjadi PNS, kesejahteraan Perangkat desa dan staf perangkat desa menjadi bagian pemerintahan desa.

Johan Enri selaku panitia penyelenggara dan tuan rumah menyampaikan rasa syukur acara yang digagas jauh hari ini mendapatkan respon positip dari segenap elemen di organisasi PPDI.

Sebagaimana diketahui seiring dengan bergulirnya pembahasan mengenai revisi UU No 06 Tahun 2014 Tentang Desa, DPR telah mensepakati bahwa revisi ini menjadi usulan inisiatif dari DPR.

Untuk itu dirasa perlu segera di ambil sikap secara internal organisasi agar dalam pembahasan revisi UU Desa nanti, nasib perangkat desa mendapat perhatian lebih dari Pemerintah dan DPR.

About admin

Check Also

Bersama Ribuan Perangkat Desa, Bupati Purworejo Rayakan Harlah PPDI Ke-18

PURWOREJO – Bupati Yuli Hastuti menyatakan dapat merasakan perjuangan lini pemerintahan di tingkat bawah, hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *