Hadapi Era Digitalisasi, PPDI Mesuji Lampung Siapkan Diri Menuju Smart Village

Bandar Lampung – Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Mesuji siap dukung program Smart Village atau program Desa Cerdas berbasis digital, dengan mengikuti Bimbingan Teknik Keuangan dan Aset Desa dalam kerangka implementasi Program Smart Village yang di laksanakan selama 3 hari mulai 12 – 14 September 2022 di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, Rabu (14/09/2022).

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) tengah mempersiapkan seluruh lapisan masyarakat menghadapi perkembangan era digital yang begitu pesat. Untuk meningkatkan literasi dan pemahaman digital di tingkat Pemerintahan terendah, yakni Desa. Dengan dukungan dari Forum Komunikasi Desa Cerdas (FKDC) Provinsi Lampung sebagai penggeraknya untuk menciptakan solusi cerdas mengelola data dan Pelayanan di Desa.

Dilansir dari mediadestara.com, solusi cerdas yang dimaksud adalah dengan menerapkan desa cerdas (smart village), yaitu sebuah ekosistem yang memungkinkan pemerintah, industri, akademisi maupun elemen masyarakat terlibat untuk menjadikan desa menjadi lebih baik.
 
M. Saepudin,SE Sekretaris I PPDI Kabupaten Mesuji mengatakan ” kami akan berupaya untuk membantu mengajak Desa-desa di kabupaten Mesuji untuk mengembangkan Program Smart Village ini, hal ini agar Pemerintah Desa dapat meningkatkan Pelayanan di Masyarakat dan melalui program ini di harapkan publik dapat mengakses informasi Desa dengan mudah, ” Jelasnya.

Sementara itu, hal senada juga di sampaikan oleh Choirul Hafah Sekretaris II PPDI Kabupaten Mesuji ” kami juga akan berupaya untuk mendorong Desa-desa di kabupaten Mesuji untuk mengoptimalkan penggunaan Website Desa yang telah ada selama ini sebagai alat bantu pelayanan masyarakat dan pemberi informasi ke publik” Tambahnya.
 
Melalui kegiatan BIMTEK selama 3 hari ini diharapkan Pengurus PPDI Kabupaten Mesuji dapat menjadi pilot projek Smart Village di Kabupaten Mesuji.

About admin

Check Also

Jelang Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa, DESA BERSATU Gelar Rakernas

Jakarta, 12 Juni 2024 – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DESA BERSATU menggelar pelantikan kepengurusan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *