Jelang 2024, Kemendagri Komitmen Gelar Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

PALEMBANG — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen meningkatkan layanan pemerintah desa. Hal itu dilakukan dengan menggelar berbagai pelatihan yang melibatkan aparat desa.

Salah satunya adalah Pelatihan Penguatan Program Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) dan Pelatihan Aparatur Desa (PAD) dasar.

Baca juga : Banyak Pemberhentian Perangkat Desa Di Bengkulu Utara, Begini Respon PPDI

Dilansir dari laman repubilka, kegiatan ini diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 2-5 Oktober.

Peserta pelatihan terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Pengurus Posyandu. Total peserta terdiri 224 orang yang berasal dari 6 Kabupaten di 56 Desa yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan.

Seluruh peserta dikelompokkan menjadi 7 kelas, dengan 14 orang pelatih dan 7 orang narasumber. Keseluruhan peserta tersebut dibagi menjadi 7 kelas dan terdiri dari 14 orang pelatih serta 7 narasumber

Seorang kepala desa dari Provinsi Sumatera Selatan, H. Muhammad Senen Har mengatakan, kegiatan ini diharapkan pada peserta dapat memberantas angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Ini merupakan kegiatan strategis meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat untuk menurunkan angka kemiskinan,” ungkapnya yang mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga : Ada Apa? Anggota BPD Kumpul Di Muara Enim

Selain itu peserta yang berasal dari Desa Pagar Desa, Kecamatan Bayunglencer, Firman Lutherhia sangat senang dapat mengikuti pelatihan P3PD dan PAD Dasar karena dapat menyadarkan peran dan tanggung jawab dalam membangun desa.

“Banyak ilmu yg kami dapat dengan mengikuti pelatihan ini. Semoga kami dapat membangun desa dan menyampaikan kepada masyarakat di desa bagaimana tanggung jawab dan peran kita disini untuk membangun desa,” ungkapnya.

About admin

Check Also

Bareng Apdesi, PPDI Rajadesa Adakan Halal Bi Halal

CIAMIS – Momen suasana Bulan Syawal ini dimanfaatkan Pеrѕаtuаn реrаngkаt Dеѕа Indonesia ( PPDI ) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *