Komitmen Kuat Dengan Desa, PPDI Magetan Dukung Sosok Ini Menjadi Pemimpin Magetan

MAGETAN  –  Sosok Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, menjadi figur yang layak didukung oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Magetan, dalam pemilihan Kepala daerah Serentak di November 2024 nanti.

Ketua PPDI Magetan, Nanang Ari Purnomo  berharap kepala daerah mendatang, merupakan figur yang memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan desa, dan hal inilah yang terlihat dari Pj. Bupati Magetan sekarang ini.

Nanang Ari Purnomo menambahkan  Presiden Joko Widodo telah memulai sejak awal kepemimpinannya dengan prinsip membangun Indonesia dari desa. Menurut dia, prinsip Pembangunan itu harus terimplementasikan betul melalui kepemimpinan yang berpihak pada desa.

“Keberpihakan itu lewat ADD (Alokasi Dana Desa) misalnya. Kami meminta agar ADD di Magetan bisa sampai 15 persen dari dana perimbangan yang diterima kabupaten setelah dikurangi DAK (Dana Alokasi Khusus). Madiun bisa 20 persen,” terang Sekretaris Desa Baron itu, Jumat (19/4/2024) seperti yang dilansir dari media magetankita.com.

Nanang bercerita sejak menjadi Sekda, Hergunadi menunjukkan komitmennya terhadap desa. Usai Covid, pada 2022, PPDI pernah beraudiensi dengan Hergunadi soal ADD yang masih 10,02 persen.

“Waktu itu, Pak Her menyetujui kenaikan 1 persen ADD atau sekitar 65 juta untuk masing-masing desa,” ungkapnya.

Perhatian berikutnya untuk desa melalui kesejahteraan perangkat desa. Pemkab setuju dengan pemberian gaji ke-13 dan 14 kepada perangkat desa.

PPDI Magetan saat ini berjuang agar penghasilan tetap atau siltap perangkat desa setara dengan UMK Magetan sebesar Rp 2.238.800. Saat ini ada di angka Rp 2.050.000.

“Dan, Pak Dhe menjanjikan dalam waktu dekat akan merevisi Perbup 64/2019 tentang penetapan besaran siltap kades dan perangkat desa. Beliau terbukti komitmen dan perhatiannya terhadap desa,” pungkas Nanang.

About admin

Check Also

Sosialisasi Dan Public Hearing UU Desa, Gubernur Bengkulu Sebut Desa Bersatu Bisa Menjadi Mitra Pemerintah

BENGKULU – Gubеrnur Bеngkulu, Rоhіdіn Mersyah, mеnеkаnkаn pentingnya penyebaran informasi mеngеnаі Undang-Undang Desa Nоmоr 3 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *