Lantik Kepengurusan, Desa Bersatu Siap Rancang Program Strategus Untuk Desa

Jakarta, 12 Juni 2024 – DPP Desa Bersatu menggelar acara pelantikan pengurus baru dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Merica Ballroom, Hotel Menara Peninsula, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh sekitar 400 pengurus dari delapan organisasi desa nasional ini, bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam mendukung pembangunan desa di seluruh Indonesia. Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof. H. Paiman Raharjo.

Pelantikan pengurus Desa Bersatu periode 2024-2029 menandai komitmen organisasi dalam mendukung kebijakan pembangunan desa secara nasional. Rakernas juga menjadi langkah awal bagi DPP Desa Bersatu untuk merancang program-program strategis guna mendorong kemajuan dan kesejahteraan desa.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas, menyampaikan pentingnya kepemimpinan yang peduli terhadap desa. “Kita membutuhkan pemimpin yang mau mendengar dan merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat desa. Organisasi ini, yang telah menyatukan delapan organisasi desa di Indonesia, memiliki potensi besar untuk mendorong perubahan positif,” ujar Anas.

Ia juga menyampaikan bahwa acara pelantikan ini akan dilanjutkan dengan peringatan satu dasawarsa Desa Bersatu esok hari. “Meskipun acara malam ini sederhana, kita akan fokus pada peringatan satu dekade Desa Bersatu besok,” tambahnya.

Wakil Menteri Desa, Prof. H. Paiman Raharjo, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran organisasi desa dalam memajukan pembangunan dan memperjuangkan hak-hak perangkat desa. “Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 telah membawa dampak positif dengan alokasi Dana Desa yang mencapai Rp 538,9 triliun hingga saat ini. Dana tersebut telah membantu banyak desa untuk berkembang, termasuk peningkatan jumlah Desa Mandiri,” ujar Raharjo.

Ia juga menegaskan pentingnya menjaga hubungan yang baik antara organisasi desa dan pemerintah di berbagai tingkatan. “Kerjasama yang harmonis dengan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sangat penting dalam mengelola pembangunan desa,” pesan Raharjo.

Melalui acara ini, diharapkan Desa Bersatu dapat terus menjadi kekuatan pendorong dalam mewujudkan Indonesia Maju, dengan desa sebagai fondasi utamanya.

About admin

Check Also

Bersama Ribuan Perangkat Desa, Bupati Purworejo Rayakan Harlah PPDI Ke-18

PURWOREJO – Bupati Yuli Hastuti menyatakan dapat merasakan perjuangan lini pemerintahan di tingkat bawah, hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *