Menjelang Akhir Tahun, Perangkat Desa Kabupaten Lebong Tercover BPJS Kesehatan

LebongDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, memastikan tahun 2021 ini /kepesertaan kepala desa dan perangkatnya dalam BPJS Kesehatan.

Dilansir dari rmolbengkulu.id, Plt Kadis PMDS Lebong, Hartoni mengungkapkan, pihaknya sudah koordinasi bersama BPJS Kesehatan wilayah Lebong. Terutama terkait perangkat desa wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan kelompok pekerja penerima upah segmen kepala desa dan perangkat.

“Ini tidak hanya untuk perangkat desa. Tapi, untuk keluarga perangkat desa sebanyak 3 orang. Baik itu anak maupun istri,” jelasnya.

Dibandingkan menjadi peserta mandiri yang iuarannya cukup besar, perangkat desa hanya membayar satu persen dari penghasilan setiap bulan. Satu persen itu, sudah mencakup lima anggota keluarga.

“Besaran iuran kan totalnya 5 persen. BPJS 1 persen dipotong dari gaji, dan 4 persen ditanggung APBD Lebong,” ujarnya.

Dia menambahkan, Anggaran yang diplotkan sebanyak 1 Miliar dalam APBD Tahun Anggaran (TA) 2021 untuk mengakomodir BPJS Kesehatan bagi perangkat desa tersebut.

“Manfaat kartu ini jika ada yang sakit. Maka biaya pengobatannya ditanggung BPJS. Ini adalah bentuk konsistensi pemkab dalam sejahtera dan bahagiakan masyarakat di desa,” tuturnya.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *