Menuju Daya Saing Desa, Bupati Sigi Berharap Kapasitas Perangkat Desa Ditingkatkan

Sigi– Bupati Sigi Mohamad Irwan meminta seluruh perangkat desa, baik kepala desa maupun jajarannya, harus meningkatkan kapasitas untuk menopang pembangunan kemandirian dan daya saing desa.

Dilansir dari antaranews.com, Bupati Sigi berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan peningkatan kapasitas perangkat desa, yang bersinergi dengan pemerintah daerah di 12 kabupaten dan satu kota di provinsi tersebut.

Berdasarkan pengalamannya selama memimpin Kabupaten Sigi, dia mengatakan banyak sumber daya manusia (SDM) di pemerintah desa yang minim kapasitas.

“Sumber daya aparatur kita di desa masih sangat terbatas. Sumber daya pengelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) juga terbatas. Padahal ada potensi yang dapat dikelola dengan ketersediaan dana BUMDEs, meski dananya terbatas.

Namun, potensi itu belum dikelola dan belum berjalan dengan baik,” jelasnya.
Dari sebanyak 176 desa se-Kabupaten Sigi, dia menyebutkan sebagian besar desa belum dapat bergerak secara optimal dalam mengembangkan berbagai potensi desa.

“Sehingga, untuk menuju desa mandiri dan berdaya saing perlu peningkatan kapasitas perangkat desa dan jajarannya serta mitranya,” ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta Pemprov Sulteng melakukan penguatan kelembagaan, diikuti dengan regulasi-regulasi mengikat, sehingga pembangunan kemandirian desa berjalan satu arah.

“Begitu pula dengan penguatan program dan perencanaan desa, harus ada keunggulan apa yang harus ditonjolkan dan difokuskan,” ujarnya.

About admin

Check Also

Mendagri Tetapkan Seragam ASN, Bagaimana Dengan Penggunaan Seragam Bagi Perangkat Desa?

JAKARTA – Menteri Dalam Nеgеrі (Mеndаgrі) Tіtо Kаrnаvіаn ѕесаrа rеѕmі tеlаh mеngеluаrkаn реrаturаn mеngеnаі ѕеrаgаm …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *