Meriah, Acara Puncak Harlah PPDI Ke-18 Propinsi Jawa Barat

Tasikmalaya, 5-6 Juli 2024 – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi Jawa Barat merayakan hari ulang tahun ke-18 mereka dengan serangkaian acara yang menarik di Tasikmalaya. Perayaan yang berlangsung selama dua hari ini dimulai dengan Focus Group Discussion (FGD) dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan hiburan serta turnamen olahraga.

Hari Pertama: Diskusi Mendalam dan Syukuran

Acara dimulai pada tanggal 5 Juli 2024 dengan FGD yang dihadiri oleh 250 peserta, termasuk ketua PPDI dari berbagai kabupaten dan kecamatan di Jawa Barat, serta tokoh-tokoh pemerintahan desa. FGD ini bertujuan untuk menggali potensi Jawa Barat dan menghasilkan rekomendasi bagi para pembuat kebijakan.

Pembicara dalam FGD tersebut termasuk beberapa tokoh terkemuka, seperti UU Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Capt. Dr. H. Herwantono, SH, MH., M.Mar, seorang ahli kelautan dan akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, serta narasumber lain dari pemerintah provinsi. Diskusi dipandu oleh H. Makali Kumar, SH, dan Dian Muhammad Darda, SH, Ketua LKBH Jabar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PPDI Jawa Barat.

Sutara SE, Ketua PPDI Provinsi Jawa Barat sekaligus penanggung jawab acara, dalam sambutannya menekankan pentingnya FGD ini untuk mengumpulkan ide dan masukan terkait potensi alam Jawa Barat. Ia berharap hasil diskusi ini dapat menjadi usulan yang bermanfaat bagi pemangku kebijakan di tingkat legislatif dan eksekutif.

Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran ulang tahun PPDI, yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua Umum PPDI Jawa Barat, didampingi oleh para ketua PPDI kabupaten dan tokoh desa. Perayaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan artis dari PPDI Jawa Barat.

Hari Kedua: Turnamen Olahraga dan Persahabatan

Pada tanggal 6 Juli 2024, rangkaian acara berlanjut dengan turnamen olahraga yang mencakup pertandingan sepakbola dan bulutangkis antar perangkat desa dari berbagai kabupaten di Jawa Barat. Pertandingan sepakbola diadakan di Lapangan Sakti Lodaya, Cisayong, Tasikmalaya, sementara pertandingan bulutangkis berlangsung di Lapangan Bulutangkis Mekar Jaya, Tasikmalaya.

Turnamen ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Ketua Umum PABPDSI Pusat H. Ferry Radiansyah, pengurus APDESI Jawa Barat, dan Asep Nandang dari Pemerintah Daerah Jawa Barat, serta Sekda Kabupaten Tasikmalaya.

Pada akhir turnamen, tim sepakbola dari PPDI Kuningan keluar sebagai juara pertama, disusul oleh PPDI Kabupaten Pangandaran sebagai juara kedua, PPDI Kabupaten Tasikmalaya di posisi ketiga, dan Kabupaten Bandung di tempat keempat. Sementara itu, di cabang bulutangkis, PPDI Kabupaten Tasikmalaya meraih juara pertama, diikuti oleh Kabupaten Ciamis sebagai juara kedua.

Kegiatan friendly match ini ditutup oleh Ketua Panitia Dian Muhammad Darda dan Ketua Pelaksana Friendly Match Nanang Syarifudin. Mereka juga mengumumkan bahwa Harlah dan Turnamen Olahraga Perades Jawa Barat tahun depan akan diadakan di Kabupaten Ciamis.

Perayaan Harlah PPDI ke-18 ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan ulang tahun, tetapi juga untuk memperkuat kebersamaan dan kerjasama antar perangkat desa di Jawa Barat.

About admin

Check Also

Resmi, Pemkab Mukomuko Pastikan Pelantikan Perpanjangan Masa Jabatan 148 Kepala Desa Di Oktober 2024

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan 148 kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *