Milyaran Rupiah Anggaran Dari Kementerian Ini Siap Meluncur Ke Desa

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno  mengkampanyekan Anugerah Desa Wisata 2021. Sandiaga berharap penghargaan ini bisa menjadi penyemangat agar masyarakat menjaga dan mengembangkan potensi wisata di desa masing-masing.

“Anugerah Desa Wisata ini adalah bentuk keberpihakan, ekonomi yang berkeadilan untuk membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan,” kata Sandiaga Uno saat sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Kampung Wisata Banjar Tarukan, Desa Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu 26 Mei 2021.

Dilansir dari tempo.co, Sandiaga berharap kelompok sadar wisata atau Pokdarwis hingga perangkat desa berpartisipasi dalam acara ini. Mereka bisa mendaftarkan desa wisata dan menjadi contoh serta motivasi bagi desa-desa lain. Sandiaga Uno menambahkan, kompetisi ini akan menunjukkan desa mana yang layak untuk dikatakan berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, mendorong pembangunan daerah, dan menyejahterakan masyarakat.

Bersama Baim Wong dan YouTuber Yudist Ardhana, Sandiaga Uno berkunjung ke berbagai potensi yang dimiliki desa wisata. Di antaranya potensi seni budaya, kuliner, sampai pengelolaan dan pelestarian alam. Berikut tujuh kategori dalam kompetisi Anugerah Desa Wisata 2021:

1. Kontes Homestay
2. Kontes Toilet
3. Kontes CHSE
4. Kontes Desa Digital
5. Kontes Suvenir, misalkan kuliner, fashion, kriya
6. Kontes Daya Tarik Wisata, misalkan wisata alam, budaya, dan buatan
7. Kontes Konten Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 500 desa wisata di pelosok Tanah Air turut serta dalam Anugerah Desa Wisata 2021. “Desa wisata membuka banyak lapangan kerja, peluang usaha, dan meningkatkan keterampilan masyarakat untuk digitalisasi,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan, total hadiah yang disediakan hingga miliaran rupiah. Caranya, daftarkan desa wisata ke laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021.

About admin

Check Also

Jelang Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa, DESA BERSATU Gelar Rakernas

Jakarta, 12 Juni 2024 – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DESA BERSATU menggelar pelantikan kepengurusan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *