Modal Kecil Untung Besar, Rekomendasi 5 Usaha Sampingan Buat Perangkat Desa Muda

Pendapatan perangkat desa dari penghasilan tetap selain masih dibawah kebutuhan sehari-hari, cairnya pun sering mengalami keterlambatan.

Perangkat desa yang sudah lama menekuni profesi ini tentu paham bagaimana harus mempunyai usaha sampingan, selain mengandalkan penghasilan dari profesi sebagai pamong desa ini.

Sementara itu bagi perangkat desa yang baru saja menjabat, haruslah pintar-pintar untuk penghematan pengeluaran dari siltap yang diterima. Apabila memungkinkan, harus segera di antisipasi kebutuhan yang semakin bertambah tiap tahun dengan memiliki usaha sampingan di luar kesibukan sebagai perangkat desa.

Kali ini Kita akan membahas lima rekomendasi peluang usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh perangkat desa tanpa membutuhkan modal besar pada tahun 2024, yang dapat menghasilkan keuntungan hingga Rp 7 juta/bulan.

1. Jualan Kuota dan Pulsa

Usaha ini banyak diminati di daerah pedesaan yang sulit dijangkau oleh jaringan telekomunikasi. Kita bisa membuka konter sendiri atau bekerja sama dengan warung di pedesaan untuk menjual pulsa dan kuota internet. Dengan jumlah pelanggan yang cukup, Kita dapat memperoleh keuntungan yang signifikan.

2. Usaha Briket Arang

Usaha ini melibatkan pembuatan briket arang dari serbuk kayu atau serbuk arang dengan teknologi pemadatan tertentu. Permintaan bahan bakar alternatif semakin meningkat, dan kita dapat memanfaatkan limbah batok kelapa jika desa kita adalah Sentra Kelapa.

3. Pengolahan Limbah Plastik

Daur ulang plastik merupakan ide bisnis yang menjanjikan. Dengan mengelola plastik bekas supaya dapat digunakan kembali, Kita tidak hanya dapat menghasilkan keuntungan tetapi juga memberikan manfaat lingkungan.

4. Jasa titip ke kota

Terkadang, tinggal di desa akan menyulitkan seseorang mendapatkan barang yang hanya tersedia di kawasan perkotaan. Apalagi, kalau mereka punya kesibukan yang padat atau opsi transportasi yang terbatas.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan ide bisnis di kampung yang satu ini: jastip alias jasa titip ke kota.

Kamu sama sekali tidak perlu menyiapkan tempat untuk menyimpan barang karena dengan model bisnis jastip, kamu baru hanya akan bekerja setelah menerima uang dan pesanan dari pelanggan. Pokoknya, ide usaha ini cocok untuk kamu yang sering bepergian ke kota!

5. Isi ulang galon

Di zaman sekarang, penggunaan dispenser listrik sudah semakin meningkat seiring dengan bertambahnya pemerataan akses listrik ke berbagai daerah, termasuk pedesaan. Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka depot isi ulang galon, terutama kalau desamu masih punya sumber mata air yang bagus.

Memang, modal awal yang diperlukan model bisnis ini agak sedikit lebih tinggi daripada kelima ide bisnis di desa yang sebelumnya karena kamu perlu mesin isi ulang khusus. Tapi, kamu bisa semakin berhemat dengan memanfaatkan space di rumah sendiri, dan potensi keuntungan rata-ratanya bisa mencapai Rp7 juta per bulan karena semua orang pasti butuh minum apa pun musimnya.

About admin

Check Also

Moment Lebaran Di Desa Penglipuran, Jumlah Penduduk Kalah Banyak Dibanding Wisatawan Yang Datang

BALI – Liburan Hari Raya Idul Fitri tahun ini membawa berkah bagi desa-desa wisata di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *