Musda PPDI Barru, Taba Halilintar Ucap Syukur Bupati Terbitkan NIPD

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si membuka secara resmi Musyawarah Daerah (MUSDA) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Barru (foto:Fajar.co.id/Istimewa)

BARRU—Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, secara resmi membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Barru Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Lantai 6 Mal Pelayanan Publik (MPP) Kantor Bupati Barru, Kamis (06/06/2024).

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menekankan bahwa bergabung dalam komunitas atau asosiasi seperti PPDI bertujuan untuk menjadi sarana pertukaran informasi, berbagi pengalaman, dan membantu menyelesaikan berbagai persoalan, baik pribadi maupun dalam pelaksanaan tugas.

Terkait dengan PPDI, Suardi menjelaskan bahwa asosiasi ini dapat berfungsi sebagai alat komunikasi antar anggota dan menjadi wadah untuk menyelesaikan masalah di desa yang kemudian dapat dikomunikasikan kepada pimpinan tingkat kecamatan, PMD, Bupati, hingga nasional.

Dia menambahkan bahwa beberapa asosiasi lain di desa, seperti APDESI dan ABPEDNAS, juga memiliki banyak anggota. Oleh karena itu, Suardi meminta agar semua asosiasi ini dapat bersinergi, solid, dan menghindari persaingan yang tidak sehat.

“Tujuan dari pembentukan asosiasi ini sama, yaitu mewujudkan cita-cita para pendahulu kita sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, yaitu melindungi, mencerdaskan, dan mensejahterakan masyarakat kita,” ujar Bupati, seperti yang dikutip dari laman Fajar.Co.Id.

Suardi menekankan pentingnya kehadiran asosiasi atau organisasi ini untuk memperkuat aparatur desa sehingga tujuan pengelolaan pemerintahan desa yang baik dan akuntabel dapat terwujud.

Di hadapan peserta Musda, Suardi mengingatkan tiga fokus utama yang menjadi perhatian pemerintah desa dan perangkat desa secara nasional: menghapus kemiskinan ekstrem, mencapai target penurunan stunting, dan meningkatkan ekonomi desa.

Pada akhir sambutannya, Suardi berharap siapa pun yang terpilih pada Musda ini dapat mengkoordinasikan aspirasi seluruh anggota.

“Jangan sampai terjadi kompetisi yang tidak sehat antar asosiasi di desa. Dengan sinergi dan kebersamaan, kita akan lebih mudah mencapai tujuan dan target dalam melayani masyarakat desa,” tutup Suardi.

Sebelumnya, Ketua PPDI Provinsi Sulawesi Selatan, Tabahalilintar, SE, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Barru atas bantuan dan dukungannya sehingga Musda ini dapat terlaksana. Dia mengakui bahwa Bupati Barru memiliki perhatian besar terhadap perangkat desa, yang dibuktikan dengan penerbitan NIPD (Nomor Induk Perangkat Desa) bagi perangkat desa di Kabupaten Barru, sebuah inisiatif yang baru dilakukan oleh empat kabupaten di Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia Musda PPDI Kabupaten Barru, Rukmanto, yang juga Sekretaris Desa Balusu, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini mengusung tema “Sinergitas PPDI dengan Pemerintah Daerah dalam Kebersamaan guna Mewujudkan Perangkat Desa yang Sejahtera, Bermanfaat, Bermartabat, dan Profesional.”

Adapun peserta Musda PPDI Kabupaten Barru tahun 2024 berjumlah 200 orang, yang merupakan perwakilan dari pemerintah desa se-Kabupaten Barru, terdiri dari unsur Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi, dan Kepala Dusun.

Acara ini turut dihadiri oleh Kadis PMDPPKBPPPA Kabupaten Barru, Ketua PPDI Provinsi Sulawesi Selatan (Tabahalilintar, SE) bersama pengurus, Ketua APDESI Kabupaten Barru, Ketua ABPEDNAS Kabupaten Barru, Ketua Panitia Musda PPDI Kabupaten Barru, serta seluruh perangkat desa (Sekdes, Kasi, Kaur, dan Kepala Dusun) se-Kabupaten Barru.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *