Pemprov Kalimantan Tengah Gelar Sosialisasi Penguatan Masyarakat Desa dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Foto bersama peserta sosialisasi (foto:PemprovKalteng/Istimewa)

KASONGAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan sosialisasi untuk meningkatkan peran serta masyarakat desa dalam menghadapi dampak perubahan iklim, pada hari Kamis, (06/06/2024). Acara yang diadakan di Aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan masyarakat desa terhadap perubahan iklim.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Pengelolaan SDA, Kawasan Perdesaan, dan Ketahanan Masyarakat, Fathuddin Noor, mewakili Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah, H. Aryawan, ditekankan bahwa desa-desa saat ini menghadapi tantangan besar akibat perubahan iklim. Perubahan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti eksploitasi sumber daya alam, perusakan ekosistem, deforestasi ilegal, dan polusi yang semuanya meningkatkan kerentanan lingkungan.

“Memperkuat kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di desa menjadi sangat penting dan mendesak. Ketahanan desa dalam menghadapi perubahan ini dapat dilihat dari dua perspektif: eksternal yang meliputi daya dukung ekosistem dan lingkungan, serta internal yang mencakup kesiapan regulasi, kelembagaan, pendanaan, dan sumber daya manusia,” jelas Fathuddin Noor.

Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang, yang mewakili Pj. Bupati Katingan, juga menekankan pentingnya kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran dan respons masyarakat terhadap perubahan iklim. Ia menjelaskan bahwa dampak perubahan iklim bisa sangat merugikan, termasuk penurunan pendapatan masyarakat desa dan meningkatnya risiko bencana alam.

“Perubahan iklim mengancam ketahanan pangan lokal dan nasional serta bisa menyebabkan berbagai bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, angin kencang, dan gelombang tinggi, yang semuanya dapat menghambat pembangunan desa,” ujar Pransang.

Ia berharap dengan sosialisasi ini, masyarakat desa semakin peka dan peduli terhadap isu perubahan iklim dan dampaknya. “Kami berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara ini. Semoga upaya ini dapat memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat,” tambahnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 75 peserta, termasuk aparat desa dan perwakilan dari Lembaga Kemasyarakatan Desa. Tiga narasumber dari TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan memberikan materi dalam kegiatan ini.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah perwakilan Forkompimda Kabupaten Katingan, Kepala Dinas PMD Kabupaten Katingan, pejabat administrasi, pejabat pengawas, pejabat fungsional dari Dinas PMD Kabupaten Katingan, camat, kepala desa, dan lurah dari wilayah Kecamatan Katingan Hilir dan Tewang Sangalang Garing.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *