Perangkat Desa Tidak Memiliki Rekening Bank Himbara Untuk Pencairan BSU, Begini Solusi Dari Kemnaker

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan diyakini akan memulai penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji senilai Rp 1 juta pada pekan ini.

Bantuan akan diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah sebelumnya mengumumkan ada sedikit perubahan terkait syarat pekerja yang menerima bantuan subsidi gaji.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 16/2021 tentang Perubahan Atas Permenaker 14/2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

Bank penyalur BSU adalah bank milik negara yang terhimpun dalam HIMBARA, yaitu Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN. Khusus untuk penyaluran dana bantuan kepada pekerja/buruh penerima bantuan di Provinsi Aceh, menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Lantas bagaimana jika pekerja/buruh belum mempunyai bank BUNM, tapi ia berada di wilayah PPKM level 4 dan masuk dalam kriteria penerima BSU? Apakah pekerja yang tak mempunyai rekening bank BUMN Himbara masih dapat menerima BSU Rp 1 juta ini?

Kementerian Ketenagakerjaan melalui akun Instagramnya @kemnaker menjelaskan hal tersebut. Kemnaker mengatakan, pekerja yang tak memiliki rekening bank Himbara tetap akan bisa menerima BSU 1 juta ini.

Nantinya pihak Kemnaker akan membuatkan rekening baru bagi penerima BSU yang tak memiliki bank Himbara. Penerima BSU nantinya tinggal datang ke bank yang dituju untuk mengaktifkan rekening dan mengambil dana tunai yang sudah didaftarkan.

Pekerja yang tak memiliki rekening bank Himbara tetap akan bisa menerima BSU 1 juta ini. Nantinya pihak Kemnaker akan membuatkan rekening baru bagi penerima BSU yang tak memiliki bank Himbara.

About admin

Check Also

Jelang Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa, DESA BERSATU Gelar Rakernas

Jakarta, 12 Juni 2024 – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DESA BERSATU menggelar pelantikan kepengurusan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *