Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa Akan Dihadiri Presiden Indonesia, Pemerintah Akan Tetapkan 13 Juni Sebagai Hari Desa Nasional

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri bersama organisasi Desa Bersatu mempersiapkan agenda nasional Harlah Satu Dasawarsa UU Desa, yang rencana akan digelar di Istora Senayan Jakarta, pada tanggal 13 Juni 2024.

Hal ini terungkap saat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerima pengurus Organisasi Desa Bersatu di Rumah Dinas Mendagri, Jakarta Selatan, Senin (03/06/2024).

Dalam pertemuan tersebut turut hadir bersama Pengurus Desa Bersatu, Nina Siahaan Ketua PPDI Provinsi Riau sebagai perwakilan PPDI.

“ Mandat yang saya terima untuk mewakili Ketum PPDI yang baru sakit,” ujar Nina Siahaan selepas acara pertemuan melalui sambungan seluler nya.

Disampaikan juga oleh Nina bahwa dalam agenda tersebut focus membicarakan penyelenggaraan persiapan untuk kegiatan “Harlah Satu Dasa Warsa UU Desa” yang juga akan ditetapkan sebagai hari jadi desa secara nasional.

“Acara tersebut akan dihadiri oleh tiga tokoh bangsa, yaitu Bapak SBY, Presiden ke-6 RI, Bapak Joko Widodo, Presiden ke-7 RI, dan Bapak Prabowo Subiyanto, Presiden terpilih Pemilu 2024,” tambah salah satu perwakilan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang turut hadir juga .

“Insyaallah akan dilaksanakan pada 13 juni 2024 di Istora Senayan Jakarta yang sekaligus akan ditetapkan menjadi hari jadi desa secara nasional,” jelasnya.

Selain itu salah satu isu utama yang dibahas adalah tindak lanjut revisi UU Desa, khususnya terkait perpanjangan masa jabatan kepala desa yang harus segera dilaksanakan.

“Alhamdulillah, telah disetujui, dan Mendagri akan segera menerbitkan surat edaran agar kepala daerah segera membuat SK perpanjangan masa jabatan kepala desa. Proses ini diharapkan selesai maksimal pada bulan Juni,” tambah narasumber redaksi.

Selepas agenda ytang berlangsung sedari pagi hari pukul 09.00 WIB ini, Nina Siahaan beserta rombongan pengurus Desa Bersatu menuju ke Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan audensi secara terbatas dengan pejabat di Kementerian.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *