Perjuangkan THR Dan Gaji Ke-13, Begini Langkah Yang Ditempuh PPDI Brebes

Brebes- Persatuan perangkat desa (PPDI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mendesak kepada Pemkab Brebes agar bisa merealisasikan tunjangan hari raya (THR) Lebaran dan Penghasilan Tetap (Siltap) Ke-13 bagi seluruh perangkat desa.

“Yang kami tatap ke depan dari PPDI Kabupaten Brebes, yakni akan mencoba untuk tetap mengawal yang menjadi kemauan dan aspirasi rekan-rekan perangkat sesa. Yakni, adanya THR dan Siltap ke-13 bagi perangkat desa,” tandas Ketua PPDI Kabupaten Brebes, Hartoyo seperti dilansir dari kuasakata.com, Jumat (17/6/2022).

Menurutnya, bukan berarti, pihaknya iri dengan ASN yang ada. Akan tetapi, harapan dan keinginan perangkat desa ini, merupakan hal yang sangat manusiawi. Karena bagaimanapun juga, perangkat desa bekerja dalam naungan Kementerian Dalam Negeri. Namun demikian, kebijakan untuk perangkat desa seolah-olah masih ada yang dibatasi.

“Walaupun memang agak sulit untuk diwujudkan oleh Pemkab Brebes. Akan tetapi tidak ada yang tidak mungkin, selagi ada kemauan dari pemangku kebijakan pemerintah daerah. Toh nyatanya, di beberqpa kabupaten tetangga di Jawa Tengah ini  sudah ada yang melaksanakan kebijakan dimaksud,” tegas Hartoyo.

Contohnya, lanjut Hartoyo, yakni Kabupaten Pemalang, Banyumas, Kebumen, Cilacap, Kabupaten Semarang dan kabupaten lainnya.

“Jadi, sekali lagi ditegaskan di sini bukan berarti kami iri dengan mereka (ASN), sama sekali tidak. Akan tetapi, apa sih susahnya pemerintah daerah dapat mewujudkan apa yang menjadi keinginan dan harapan para perangkat desa,” ucap Hartoyo.

Dijelaskan, pihaknya juga sudah mengajukan surat kepada Bupati Brebes terkait permohonan agar direalisasikannya THR maupun Siltap Ke-13 bagi perangkat desa. Bahkan sudah melakukan pula audensi dengan OPD terkait.

“Kami melakukan pendekatan juga selain kepada eksekutif juga ke legislatif. Artinya, beberapa teman sudah melakukan pendekatan terhadap anggota Dewan yang ada di lingkungannya masing-masing, termasuk pula melakukan pendekatan dengan Komisi yang membidangi pemerintahan,” papar Hartoyo.

Dalam waktu dekat pula, tuturnya, Insya Allah PPDI akan melakukan pula pertemuan dengan Ketua DPRD. Karena itu salah satu wujud bahwa pihaknya juga meminta dukungan kepada mereka.

“Kami akan tetap menghormati betul Pemkab Brebes. Komitmen kami ketika sampai dengan bulan September atau Oktober tahun ini, untuk Rancangan Perbup apa yang menjadi keinginan kita, belum ada tanda-tanda untuk direalisasikan, maka jangan salahkan kami ketika kami itu kurang lebih 3 riibu perangkat desa akan turun ke jalan. Hal tersebut sudah disampaikan juga kepada Pemkab Brebes dan mereka menyampaikan imbauan kepada kami agar jangan dulu untuk menggelar aksi demo, turun ke jalan” pungkas Hartoyo.

About admin

Check Also

Bersama Ribuan Perangkat Desa, Bupati Purworejo Rayakan Harlah PPDI Ke-18

PURWOREJO – Bupati Yuli Hastuti menyatakan dapat merasakan perjuangan lini pemerintahan di tingkat bawah, hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *