(Plt) Bupati Hengky Kurniawan Sesalkan Siltap Perangkat Desa Yang Molor 4 Bulan

KKB – Gaji kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) molor sejak Januari-April 2022. Dana yang sering disebut penghasilan Tetap (Siltap) ini dijanjikan turun, Selasa 12 April 2022. 

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Agustin Piryanti mengatakan pihaknya belum menerima pengajuan pencairan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Meski begitu ia berjanji besok bisa dicairkan. 

“Insyaallah besok kita minta datanya dan langsung dicairkan. Karena kita bisa mencairkan kalau prosedurnya ditempuh,” terang Agustin, Senin 11 April 2022.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya padahal telah menandatangani SK pencairan satu bulan ke belakang.

“Iya sudah ditandatangani tapi kok sampai sekarang belum cair, kan kasihan perangkat desa belum gajian,” papar Hengky. 

Ia menambahkan, keterlambatan pembayaran Siltap/Gaji seharusnya tidak perlu terjadi. Pasalnya, SK pencarian sudah ditandatangani.

Seharusnya ga lama-lama (pencairan), saya tentu kecewa karena para perangkat desa membutuhkan uang gajinya tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD terkait (DPMD KBB) soal keterlambatan pembayaran Siltap tersebut.

“Berdasarkan informasi dari Kepala DPMD KBB (Wandiana) saat ini SK tersebut sudah ada di BKAD dan dalam proses pencairan,” tutur Hengky.

Ia pun berpesan, kepada seluruh perangkat desa untuk bersabar karena pencairan Siltap (gaji) akan segera cair. Oleh karena itu, pihaknya berharap para perangkat desa tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Tentu keterlambatan ini saya sangat sesalkan. Apalagi perangkat desa merupakan elemen penting dalam pembangunan dan pelayanan untuk masyarakat Bandung Barat,” pungkasnya.

About admin

Check Also

Parah! Selain Berhentikan 19 Perangkat Desa, Kades Di Jenoponto Ini Juga Segel Kantor Desa

JENEPONTO – Sеbаnуаk 19 perangkat dеѕа diduga dіbеrhеntіkаn ѕесаrа ѕеріhаk оlеh Kepala Dеѕа (Kаdеѕ) Bоrоngtаlа, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *