Raih Nilai Tertingggi, Pasangan Muda Di Kudus Ini Lolos Seleksi Perangkat Desa

Kudus – Mata pasangan suami istri (pasutri) muda di Kabupaten Kudus ini berbinar-binar dan hatinya bersuka cita. Selasa (14/2/2023) hari ini, mereka berdua kompak dinyatakan lolos sebagai perangkat Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Dilansir dari murianews.com, pasutri muda ini bernama Novia Rosalina dan Mukhammad Rifail Anam. Keduanya berhasil menyingkirkan puluhan peserta lain dalam tes seleksi yang digelar Politeknik Negeri Semarang di kampus IAIN Kudus.

Keduanya lolos pada formasi kepala dusun (kadus). Novia Rosalina melamar formasi Kadus Ngetuk Desa Ngembalrejo, sedangkan Mukhammad Rifail Anam melamar formasi Kadus Boto Kidul Desa Ngembalrejo.

Keduanya merupakan warga Dukuh Kauman Kidul RT 01, RW 04, Desa Ngembalrejo. Dari hasil tes seleksi, keduanya mempunyai nilai paling tinggi di formasi yang dilamar.

”Keduanya merupakan suami istri. Sudah dipastikan lolos karena mendapatkan nilai tertinggi,” kata Kepala Desa Ngembalrejo, Mohammad Zakaria, Selasa (14/2/2023).

Dijelaskan jika skor nilai dari Novia Rosalina yakni 76,00. Sedangkan suaminya Mukhammad Rifail Anam medapatkan nilai 81,33. Sesuai aturan, peraih nilai tertinggi maka otomatis akan lolos pada formasi yang dilamar.

Kendati demikian, pihak pemerintah desa akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kudus. Ini dilakukan lantaran di dalam peraturan bupati (perbup) yang mengatur seleksi perangkat desa, tidak ada aturan mengenai pasangan suami istri yang lolos apakah diperbolehkan atau tidak.

”Di Perbup-nya belum mengatur. Kalau misal nanti tidak masalah ya tidak apa-apa. Tetapi kalau nanti dipermasalahkan ya kami koreksi,” sambungnya.

Jika tidak ada masalah dalam hal aturan, pihaknya akan melakukan pelantikan pada peserta yang terpilih pada akhir Maret 2023 mendatang.

”Dalam waktu dekat ini kami koordinasi dulu dengan Dinas PMD. Pelantikannya juga masih lama di akhir Maret nanti. Jadi masih ada waktu,” imbuhnya.

About admin

Check Also

Jelang Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa, DESA BERSATU Gelar Rakernas

Jakarta, 12 Juni 2024 – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DESA BERSATU menggelar pelantikan kepengurusan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *