Resmi ! Perangkat Desa Konawe Utara Terima Kenaikan Siltap Di 2024

Konawe – Perangkat Desa di Konawe Utara sedikit bernafas lega, hal ini seiring dengan kabar gembira yang di sampaikan oleh Bupati Konawe Utara.

Bupati Konawe Utara Ruksamin mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan aparat desa di daerah itu dengan menaikkan penghasilan tetap/gaji mereka. Seperti dilansir dari Antara, gaji aparat desa yang semula Rp800 ribu per bulan naik menjadi Rp1.250.000.

Baca Juga : 2023 Hampir Habis, Kapan Revisi UU Desa Disahkan ?

Ruksamin juga mengarahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara agar menganggarkan pengadaan pakaian seragam dan laptop pada 2024 untuk menunjang kinerja aparat desa.

Hal itu merupakan bentuk dukungan Pemerintah Konawe Utara kepada pemerintah desa dan dia sampaikan dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudeu.

Ruksamin mengatakan fasilitas yang diberikan tersebut harus dipergunakan sebagaimana mestinya sehingga kinerja aparat desa lancar.

Menurut dia, bila ada bimtek diselenggarakan namun tidak ada fasilitas yang diberikan, maka akan menjadi sia-sia ilmu yang didapat dalam kegiatan tersebut.

Ruksamin berharap, kegiatan ini dapat menciptakan pemerintahan desa yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Baca juga : Hampir Setahun Tanpa Kepastian Statusnya, Perangkat Desa Cirebon Wadul Dewan

Ia mengatakan pengetahuan dan kapasitas mereka perlu terus ditingkatkan melalui pelatihan seperti ini, untuk menjaga keuangan desa dapat semakin kuat dan tata kelola keuangan desa menjadi lebih baik.

 “Ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi Kabupaten Konawe Utara menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui pemerintahan desa yang berkualitas,” katanya.

Bimtek yang diselenggarakan DPMD Kabupaten Konawe Utara bekerja sama dengan PT Putri Dewani Mandiri diikuti 159 peserta dan berlangsung pada 6-8 Oktober 2023.

Ketua penyelenggara kegiatan, Andi Mafia, mengatakan program tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para bendahara desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka terkait dengan pengelolaan keuangan desa.

Melalui pemahaman yang lebih baik tentang tugas-tugas mereka, dia mengharapkan, bendahara desa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keuangan desa agar lebih transparan, efisien, dan akuntabel.

About admin

Check Also

Didepan DPRD Dan PPDI, Dispermades Pati Sampaikan Penyebab Molornya Siltap Perangkat Desa

PATI – DPRD Pati membuka ruang dialog terkait dengan penyaluran penghasilan tetap (siltap) yang tetunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *