Siapkan Anggaran Milyar-an, Pemkab Jamin Perangkat Desa Lebong Beserta Keluarga Tercover BPJS Kesehatan

Bengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, memastikan tahun 2021 ini kepesertaan kepala desa dan perangkatnya dalam BPJS Kesehatan.

Disadur dari laman rmolbengkulu.com, Kadis PMDS Lebong, Reko Haryanto mengungkapkan, pihaknya sudah koordinasi bersama BPJS Kesehatan wilayah Lebong. Terutama terkait perangkat desa wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan kelompok pekerja penerima upah segmen kepala desa dan perangkat.

“Satu desa ada 12 perangkat desa yang diberikan jaminan kesehatan. Termasuk keluarga para perangkat desa juga diberikan,” ujar Reko, Rabu (3/3).Ia menyebut, banyak manfaat yang dapat diperoleh perangkat desa jika terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Dibandingkan menjadi peserta mandiri yang iuarannya cukup besar, perangkat desa hanya membayar satu persen dari penghasilan setiap bulan. Satu persen itu, sudah mencakup lima anggota keluarga.

“Anggaran yang diplotkan sebanyak 1 Miliar dalam APBD Tahun Anggaran (TA) 2021,” bebernya.

Lebih jauh, terkait hasil rakor dengan BPJSKesehatan, Reko mengatakan, masih akan dibicarakan terkait teknis Perjanjian Kerjasama (PKS).

“Jaminan kesehatan ini akan mulai diberlakukan tahun ini. Nanti akan dilakukan MoU antara BPJS dan Pemkab Lebong. Artinya, dengan kartu BPJS ini bisa sangat membantu ketika ada keluarga dan perangkat desa yang sedang sakit,” tuturnya.

About admin

Check Also

Resmi, Pemkab Mukomuko Pastikan Pelantikan Perpanjangan Masa Jabatan 148 Kepala Desa Di Oktober 2024

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan 148 kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *