Berita,  Berita Daerah

Siltap Jauh Dibawah UMK, PPDI Sidoarjo Berkeluh-kesah Ke Dewan




SIDOARJO – Sejumlah perwakilan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Sidoarjo mendatangi DPRD Sidoarjo, Selasa (30/3/2021), untuk menyampaikan harapan mereka agar ada kenaikan penghasilan tetap (Siltap) perangkat desa.

Dilansir dari sidoarjonews, kedatangan mereka ditemui oleh Komisi A DPRD Sidoarjo. Dalam pertemuan itu, mereka mengeluhkan nilai siltap mereka yang hanya berada di angka Rp 2,6 juta. Sedangkan UMK kabupaten Sidoarjo sendiri saat ini sudah di atas angka Rp 4 juta.

Anggota DPRD Sidoarjo M. Sochib mengatakan, keluhan dari para anggota PPDI ini sementara masih ditampung Komisi A. Nantinya dia mengatakan, akan ada tindak lanjut dari komisi terkait aspirasi tersebut.



“Iya tentu kami harus kaji terlebih dahulu. Nah nanti terkait bisa dinaikkan atau tidak siltap-nya ini tergantung hasil kajian kami terkait regulasi yang berlaku,” kata Sochib, Selasa (30/3/2021).

Legislator dari Fraksi Nasdem itu mengatakan, memang dengan nominal tersebut, siltap perangkat desa ini termasuk dalam kategori yang rendah. Sehingga sudah sewajarnya mereka berinisiatif untuk meminta kenaikan nominal siltap itu.

“Iya berkacanya memang ke UMK. Kalau UMK kita di atas Rp 4 juta, masak anak buah pemerintahannya cuma sekitar Rp 2 jutaan itu,” ucapnya.



Di sisi lain, Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat bakal menindaklanjuti aspirasi dari PPDI itu. Rencananya dia bakal mengundang dinas-dinas terkait perihal hal ini.

“Diharapkan juga kalau bisa mereka juga bisa beraudiensi dengan bupati juga terkait keluhannya ini,” ujarnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *