Berita,  Berita Daerah

Sowan Pj. Bupati, Begini Pinta PPDI Muara Enim




Muara Enim – Pj. Bupati Dr. H. Nasrun Umar, S.H, M.M menerima pengurus PPDI Kabupaten Muara Enim di ruang kerja pada Jum’at (11/06/2021) siang.

Kunjungan untuk bersilahturahmi kali ini, Karunia Illahi selaku Ketua PPDI Kabupaten Muara Enim didampingi sejumlah pengurus harian, Anuar Hasdi, Joni Anwar, Atik Rahmani dan beberapa anggota yang lain.

Sementara itu PJ Bupati Muara Enim yang kebetulan pada saat itu merayakan hari lahir ke-59, didampingi oleh Kadis PMD Drs. H. Rusdi Hairullah, M.Si, dan Kabid Kesbangpol, Drs. Andy Wijaya, M.Si.



Dalam suasana pertemuan yang penuh keakraban dan nuansa kekeluargaan tersebut, Karunia Illahi menyampaikan seputar dinamika perangkat desa yang terjadi di wilayah kabupaten Muara Enim.

“ Sehubungan di tahun 2021 ini Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak sebanyak 107 desa, maka kami dari organisasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mengharapkan diadakan pembekalan kepada calon kepala desa terpilih sebelum dilantik menjadi kepala desa tentang UU nomor 6 Tahun 2014, Permen dan Perda. Supaya tidak terjadi lagi pemberhentian perangkat desa non prosedural yang dilakukan oleh kepala desa yang baru dilantik,” pinta Karunia Illahi yang berasal dari Semende Darat Tengah.

Selain itu, PPDI Muara Enim menyampaikan juga permohonan terkait  penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa agar dibayarkan setiap bulan dan masuk kerekening pribadi, serta Penerbitan nomor induk kepala desa (NIKD) dan nomor induk perangkat desa (NIPD)



“ Hal ini perlu kami (PPDI) sampaikan sebagai langkah awal dalam meningkatkan  pembinaan dan pengawasan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa, sejalan dengan surat edaran Mendagri Melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintah Desa adalah melaksanakan pendataan Kepala Desa dan Perangkat Desa serta jadwal pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilanjutkan dengan fasilitasi program pemberian Nomor Induk Kepala Desa dan Nomor Induk Perangkat Desa,” lanjut Karunia Illahi.

Diakhir pertemuan PPDI Muara Enim yang akan mengadakan Rapat Kerja Daerah untuk pertama kalinya, berharap kehadiran dari Pj. Bupati sekaligus berkenan membuka acara.

“ Tentu harapan kami beliau (Pj. Bupati) berkenan hadir karena dengan kehadiran beliau tentu menambah semangat tersendiri bagi rekan-rekan perangkat desa,” pungkas Karunia Illahi.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *