Sudah Gelontorkan Rp. 130 Milyar Untuk Pinjaman Perangkat Desa, Bank Bengkulu Terus Perluas Area

Bengkulu – Bank Bengkulu menggelontorkan dana pinjaman untuk perangkat desa sejak 2020 sebesar Rp 130 miliar. Ada 2.886 perangkat desa yang telah mengakses pinjaman berbasis jaminan SK perangkat desa dan sertifikat agunan ini.

“Bank Bengkulu sejak 2020 telah meluncurkan program kredit untuk perangkat desa dengan jaminan SK perangkat desa dan sertifikat. Terdapat 2.886 perangkat desa sudah mendapatkan pinjaman itu,” kata Corporate Secretary Bank Bengkulu, Roby Wijaya seperti dilansir dari kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Program ini inisiatif dari pengembangan bisnis dari Bank Bengkulu yang menyasar para perangkat desa. Plafon pinjaman untuk setiap perangkat desa minimal Rp 25 juta, selama 3 tahun hingga 5 tahun. Meski diminati banyak perangkat desa sejauh ini Bank Bengkulu baru melayani tiga kabupaten di Bengkulu yaitu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Kaur.

“Semua kabupaten akan kita sasar dalam waktu dekat baik secara online maupun jemput bola untuk desa yang sulit mengakses internet,” jelas Roby.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman selain bekerja sebagai perangkat desa, peserta harus membuka rekening Bank Bengkulu, fotokopi surat keputusan perangkat desa, surat dari kepala desa, camat, memiliki agunan, mengajukan permohonan tertulis di kantor cabang Bank Bengkulu di mana domisili perangkat desa.

“Program ini juga berusaha memutus ketergantungan meminjam uang dari rentenir,” demikian ungkap Roby.

About admin

Check Also

Mukhroji, Bawa Pulang Sepeda Motor Doorprize Harlah PPDI Ke-18 Di Kebumen

KEBUMEN (22/6/2024) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang ke-18, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *