Ternyata, Ini Alasan DPMD Bersama PPDI Pinrang Studi Tiru Penerbitan NIPD Ke Enrekang

ENREKANG – Menjadi Kabupaten pertama di Sulawesi yang menerbitkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD), membuat  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pinrang bersama Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Pinrang, melakukan studi tiru di Kabupaten Enrekang, pada  Kamis (12/1/2024).

Kedatangan rombongan DPMD dan PPDI Pinrang yang dipimpin Kabid Bina Pemdes, Iwan Bahfian bersama staf dan jajaran PPDI, langsung disambut langsung Plt Kadis PMD Enrekang Mahmudin, Sekretaris Syukri dan Kabid Pemdes Lubis, didampingi Ketua PPDI Enrekang Haeruddin beserta pengurus PPDI.

“Kunjungan ini dalam rangka berkonsultasi dan berdiskusi terkait penerbitan NIPD, Enrekang adalah kabupaten pertama di Sulawesi yang aparat desanya punya NIPD,” jelas Mahmuddin seperti yang dikutip dari media sulsel.fajar.co.

Dinas PMD Enrekang menyambut baik kunjungan tersebut, dan sangat terbuka untuk berbagi wawasan. “PMD dan PPDI menjelaskan proses dan tahapan hingga NIPD ini terealisasi,” ujarnya.

Selain itu, program-program desa, pelayanan dan inovasi dalam proses pencairan dana juga menjadi pembahasan.

Sementara itu Ketua PPDI Enrekang Haeruddin mengatakan, NIPD sangat penting bagi perangkat desa. Selain sebagai nomor induk, juga untuk menginventarisasi jumlah perangkat desa secara rinci.

Diatmbahkan juga PPDI pusat menargetkan NIPD bisa diterapkan secara nasional. Sehingga PPDI dan Kemendagri bisa memperjuangkan pemberian penghasilan tetap yang bersumber dari APBN langsung.

About admin

Check Also

Resmi, Pemkab Mukomuko Pastikan Pelantikan Perpanjangan Masa Jabatan 148 Kepala Desa Di Oktober 2024

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan 148 kepala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *