Tidak Sia-Sia Ribuan Anggota PPDI Kerinci Datangi Pemkab, Ini Hasil Audensi-nya

Kerinci – Ribuan perangkat desa di Kabupaten Kerinci hari ini, Kamis (25/5/2023), menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di kantor Bupati Kerinci di kawasan Bukit Tengah, Kecamatan Siulak.

Perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) itu di antaranya menuntut agar Pemkab Kerinci segera menerapkan Peratutan Pemerintah Nomor 11 tahun 2019, terkait penyetaraan penghasilan tetap perangkat desa setara gaji ASN golongan IIa.

Kemudian, para perangkat desa juga meminta Pemkab Kerinci menerbitkan Nomor Induk Aparatur Desa (NIAD) sebagai bentuk penguatan perangkat desa. Selain itu, dalam aksinya PPID juga menolak adanya rasionalisasi perangkat desa.

Setelah puas berorasi, perwakilan perangkat desa lantas diminta untuk masuk ke ruang pola kantor bupati untuk melakukan audiensi dengan perwakilan Pemkab Kerinci.

Sempat berlangsung alot, akhirnya audiensi tersebut membuatkan sejumlah kesepakatan yang kemudian ditandatangani perwakilan PPDI, Sekda Kerinci, kepala Dinas PMD, Asisten Pemerintahan dan kepala Badan Kesbangpol.

Seperti yang dilansir dari metrojambi.com, adapun poin-poin kesepakatan tersebut yakni:

1. Pemkab Kerinci akan bersurat ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI terkait dengan usulan penambahan DAU-K (Dana Alokasi Umum Khusus) untuk penyetaraan Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Kerinci.

2. Pemkab Kerinci bersama Perwakilan PPDI Kabupaten Kerinci dan PPDI Provinsi Jambi, akan berkoordinasi ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI Pada Bulan Juni 2023, terkait dengan surat penambahan DAU-K.

3. NIAD (Nomor Induk Aparatur Desa) PPDI Kabupaten Kerinci akan ditindak lanjuti.

“Ini akan kami kawal sampai ke kementerian, bersama dengan pemerintah daerah, sesuai dengan hasil kesepakatan yang telah ditandatangani,” tegas Aswardi, ketua PPDI Kabupaten Kerinci saat dikofirmasi.

Ditambahkan Aswardi, pihaknya sangat berharap, agar secepatnya terealisasi demi kesejahteraan seluruh perangkat desa di Kabupaten Kerinci sesuai dengan PP 11 Tahun 2019.

“Kepada seluruh perangkat desa, jangan berhenti sampai d isini, mari kita terus berjuang dan kita kawal bersama-sama,” ucapnya.

About admin

Check Also

Mendagri Tetapkan Seragam ASN, Bagaimana Dengan Penggunaan Seragam Bagi Perangkat Desa?

JAKARTA – Menteri Dalam Nеgеrі (Mеndаgrі) Tіtо Kаrnаvіаn ѕесаrа rеѕmі tеlаh mеngеluаrkаn реrаturаn mеngеnаі ѕеrаgаm …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *