Tuntut 4 Bulan Siltap Cair, PPDI Pandeglang Siapkan Ribuan Perangkat Desa Geruduk Kantor Bupati

PANDEGLANG – Tuntut pencairan 4 bulan penghasilan tetap (siltap) dari Januari – April, ribuan perangkat desa anggota PPDI Pandeglang siap geruduk Kantor Bupati.

PPDI Pandeglang yang terdiri dari 3000-an perangkat desa direncanakan akan menuntut hak-nya selama 4 bulan untuk dicairkan sebelum Lebaran, pada Kamis (04/04/2024).

“PPDI rencananya besok (hari ini-red) akan melayangkan surat pemberitahuan aksi kepada Polres Pandeglang. Kemudian, dari Polres kami akan melakukan audiensi dengan pihak DPMPD Kabupaten Pandeglang,” kata Ketua PPDI Kabupaten Pandeglang, Agus Muhamad Toha, S.Pd, kepada wartawan, Selasa (02/04/2024) seperti yang dilansir dari tirtanews..

Lebih lanjut Agus menegaskan, namun apabila tidak ada titik temu, hari Kamis kami akan menggelar aksi Unjuk Rasa dengan estimasi masa 3 ribu masa aksi Prades, demo di Kantor Bupati Pandeglang.

“Adapun tuntutan pada Unras nanti adalah, berkaitan dengan realisasi Siltap. Jadi, ada informasi bahwa Siltap akan direalisasikan hanya 1 bulan saja, sementara, kondisi sekarang menjelang Idul Fitri, para Prades juga banyak kebutuhan dan tanggung jawab, apalagi sekarang sudah memasuki bulan Ke 4 Bulan April. Maka kami menuntut Pemkab Pandeglang merealisasikan Siltap untuk 3 bulan, bukan hanya 1 bulan,” paparnya.

Dikatakan Agus, kami menuntut demikian karena selain kami juga memiliki tanggung jawab, kami juga sebagai pegawai pemerintahan terbawah, dan kami meminta kesejahteraan dan perhatian dari Pemkab Pandeglang.

“Jadi maksudnya, gampang kami Perades di berikan THR atau gaji ke 13 atau tunjangan lain, ya minimalnya, berikan hak kami, karena kami tidak menuntut yang macem macem, setidaknya hak kami dipenuhi Pemkab Pandeglang,” ucapnya.

Sebelumnya PPDI sudah ada pembicaraan dengan pihak DPMPD, dan DPMPD menyampaikan akan mencairkan Siltap untuk 2 Bulan. Kami, kata Agus, masih bisa menerima kalau realisasi Siltap 2 Bulan, namun, kalau 1 Bulan, kami tidak terima apalagi di saat menjelang lebaran seperti ini.

“Kami tidak tahu ada kendala apa hingga Siltap hanya akan di realisasikan hanya 1 Bulan saja,” ujarnya.

Memang kejadian seperti ini pernah juga terjadi tahun lalu, namun, lanjut Agus, ada kejelasan kendati mepet waktu realisasinya, namun direalisasikan untuk 3 Bulan Siltapnya, tidak seperti sekarang tidak ada kepastian.

Yang kami harapkan, kata Agus, Pemkab Pandeglang dapat merealisasikan Siltap untuk 3 Bulan untuk perangkat desa, agar supaya, kami merasakan bahwa Pemkab Pandeglang hadir untuk kami para perangkat desa.

“Terlebih pada saat moment moment menjelang idul Fitri seperti sekarang ini, kami juga butuh perhatian dari Pemkab Pandeglang, karena kami juga sama aparatur pemerintah paling bawah yang membutuhkan perhatian dari Pemkab Pandeglang tentunya,” tutupnya.

About admin

Check Also

Didepan DPRD Dan PPDI, Dispermades Pati Sampaikan Penyebab Molornya Siltap Perangkat Desa

PATI – DPRD Pati membuka ruang dialog terkait dengan penyaluran penghasilan tetap (siltap) yang tetunda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *