Urus Legalitas PPDI, Begini Pinta Kesbangpol Toba

Toba – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Toba, Sumatera Utara, melaporkan keberadaannya sekaligus mendaftar sebagai organisasi kemasyarakatan di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Toba.

Pendaftaran dilakukan merujuk Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Itu dasar pelaporan dan pendaftaran itu, sehingga PPDI sah keberadaannya di Kabupaten Toba,” sebut Ketua PPDI Toba ,Jerry Sibuea didampingi pengurus PPDI lainnya, di Laguboti, Selasa (2/11/2021) sebagaimana dilansir dari infopublik.com.

Dikatakannya pelaporan dan pendaftaran PPDI di Kantor Kesbangpol dilakukan Jumat (29/10/2021).

“Pendaftaran PPDI diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesbangpol, Jhon Maurids Siagian di ruang kerjanya di Balige,” sebutnya.

Atas pendaftaran itu, diakui Jerry, pihaknya menerima sebuah surat Nomor 220/816/KesbangPol/2021 perihal Surat Keterangan Keberadaan PPDI di Kabupaten Toba yang bertanda tangan Drs. Jhon Maurids Siagian sebagai Kepala Dinas KesbangPol Kabupaten Toba.

Dijelaskan, PPDI Kabupaten Toba dilantik dan di kukuhkan tanggal 22 Agustus 2021 lalu di Balige. Dikatakan, mereka telatmendaftar di Kantor Kesbangpol karena kesibukan para pengurus PPDI sebagai perangkat desa.

“Kepengurusan PPDI saat ini sudah terlantik di 16 kecamatan dan struktur kepengurusannya sudah mewakili 231 desa di Kabupaten Toba,” ujarnya.

Harapannya, PPDI benar benar dapat menjadi wadah bertukar pikiran, berbagi informasi seputar pekerjaan di desa masing-masing.

Juga sebagai wadah untuk membangun soliditas antar perangkat desa, dan loyalitasnya terhadap pekerjaannya semakin tinggi demi akselerasi pembangunan di desa masing-masing secara khusus dan di Kabupaten Toba umumnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Toba, Drs Jhon Maurids Siagian saat menerima kehadiran PPDI, mengharapkan PPDI dapat bersinergi dengan pemerintah, mendukung visi misi Bupati Toba dan Wakil Bupati Toba serta melaksanakan segala kegiatan di desa sesuai aturan yang berlaku.

“Laksanakanlah tugas sebaik mungkin, demi kemajuan Kabupaten Toba,” tandas Jhon Maurids berharap. 

About admin

Check Also

Pererat Silahturahmi, PPDI Dan AKD Magetan Adakan Halal Bi Halal

MAGETAN – Memanfaatkan suasana Hari Raya Idul Fitri, PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan AKD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *