Usia Kurang 1 Bulan, Gadis Di Wonogiri Ini Menangis Sedih Gagal Ikut Seleksi Perangkat Desa

WONOGIRI—Sejumlah anak muda di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, mendaftar menjadi perangkat desa atau perdes. Saeorang perempuan sampai menangis tidak bisa mendaftar sebab umurnya kurang satu bulan.

Hal ini menjadi salah satu indikator mulai tumbuhnya kesadaran kelompok muda untuk memajukan desanya dibandingkan merantau. Dilansir dari Solopos.com, melalui papan pengumuman Desa Pokoh Kidul, Selasa (30/11/2021), 50 peserta mengikuti seleksi perangkat desa Desa Pokoh Kidul. Pengumuman menyampaikan data mengenai nama peserta, tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan jabatan yang dilamar.

Ada 33 peserta yang lahir pada 1990 sampai 1999, tiga peserta lahir pada 2000, satu peserta pada 2001, dan sisanya di bawah atau sama dengan 1989. Sedangkan pendidikan terakhir para peserta SMA/sederajat, D3, dan S1.

Kepala Desa Pokoh Kidul Wuryatno mengatakan ada empat lowongan perangkat desanya, masing-masing kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan rakyat, kepala dusun Kajar, dan kepala dusun Pengkol. Jumlah peserta pada desa Pokoh Kidul merupakan paling banyak di Kecamatan Wonogiri.

“Saya malah senang banyak anak muda yang tertarik menjadi perangkat desa karena dalam mengerjakan pelayanan kalau orang muda lebih cepat lebih sehingga masyarakat sejahtera,” kata dia saat ditemui di kantornya, Selasa (30/1/2021).

Menurut dia, anak muda tertarik menjadi perangkat desa dibandingkan merantau karena dijamin kesejahteraannya melalui regulasi. Perangkat desa tidak kalah dalam hal yang kaitannya dengan kesejahteraan.

Wuryatno mengatakan saking tingginya minat anak muda untuk menjadi perangkat desa ada satu calon peserta yang berusia 19 tahunan datang menemuinya setelah menerima informasi lowongan perangkat desa. Perempuan tersebut tanya mengenai persyaratan peserta namun tidak memenuhi syarat sebab belum berusia 20 tahun.

“Umurnya kurang sebulan atau berapa bulan datang ke sini menangis. Artinya kurang berapa bulan enggak biisa namanya administrasi harus tertib enggak bisa direkayasa,” paparnya.

Dia mengatakan syarat yang belum terpenuhi hanya umurnya saja. Perempuan muda itu datang didampingi saudaranya.

Adapun seleksi perangkat Desa Pokoh Kidul terakhir pada 2017 dengan pendaftar 17 orang untuk memperebutkan satu lowongan. Dia mengklaim banyak anak muda yang mendaftar pada waktu itu.

About admin

Check Also

Pererat Silahturahmi, PPDI Dan AKD Magetan Adakan Halal Bi Halal

MAGETAN – Memanfaatkan suasana Hari Raya Idul Fitri, PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) dan AKD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *