9 Desa Terkaya Di Indonesia, Salah Satunya Desa Anda ?

JAKARTA  – Desa terkaya di Indonesia. Desa memiliki pendapatan hingga miliaran rupiah. Beberapa desa tersebut benar-benar memaksimalkan potensi yang ada sehingga memiliki pendapatan yang fantastis.

Bukan hanya dari sektor pariwisata pemandangan saja, desa-desa itu juga memiliki potensi lainnya. Seperti terkenal di sektor kerajinan, atau mayoritas warganya yang menjadi nelayan.

Dan berikut desa terkaya di Indonesia yang dirangkum Okezone, Kamis (9/12/2021).

1. Desa Kutuh

Pulau Bali memang memiliki wisata yang kaya dengan pantai serta budayanya. Dan salah satu desa di Bali menjadi desa terkaya di Indonesia.

Desa Kutuh berlokasi di Kuta Selatan, Badung, Bali menjadi desa terkaya dengan pendapatan hingga Rp50 miliar. Desa tersebut sekaligus menjadi desa percontohan.

Berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya menjadi terkenal hingga mancanegara sejak 1998.

Wisata andalan Desa Kutuh seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan wisata lainnya yang menyuguhkan budaya di sana.

2. Desa Ponggok

Selain Desa Kutuh, ada juga Desa Ponggok yang menjadi desa terkaya di Indonesia. Desa Ponggok berlokasi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini berhasil mengembangkan pariwisatanya.

Desa Panggok juga dapat menarik puluhan ribu wisatawan dalam sepekan. Dan pernah tercatat pendapatan desa itu mencapai Rp14 miliar.

3. Desa Benjar

Desa yang berada di Juwana, Pati, Jawa Tengah menjadi desa terkaya selanjutnya. Bukan dari sektor pariwisata, Desa Bendar menjadi desa terkaya karena mayoritas warganya menjadi nelayan.

Hampir 95% warganya menjadi nelayan di sana, warga Desa Bendar juga memiliki penghasilan yang sangat besar sekitar Rp80 juta – Rp100 juta per bulan.

Maka tak heran bila berkunjung ke Desa Bendar melihat rumah-rumah tingkat yang mewah dengan pilar-pilar besar.

4. Desa Waturaka

Berlokasi di Kecamatan Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur, Desa Waturaka menjadi tempat wisata yang populer terutama wisatawan luar negeri.

Desa Waturaka menawarkan ekowisata yang ciamik. Salah satu pariwisata di sana seperti danau Kelimutu yang tak jauh dari Desa Waturaka.

Bukan hanya itu Desa Waturaka akan memberikan pengalaman yang menarik. Para wisatawan akan diajak aktivitas layaknya masyarakat asli di sana. Desa Waturaka pernah dinobatkan sebagai desa wisata alam terbaik pada tahun 2017.

5. Desa Teluk Meranti

Bagi peselancar baik lokal maupun internasional mungkin kenal dengan Ombak Bono di Sungai Kampar, Teluk Meranti, Riau.

Desa Teluk Meranti sangat populer dan sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Bukan hanya ombaknya, Desa Teluk Meranti juga memiliki objek wisata lainnya, seperti kegiatan budaya.

6. Desa Kasongan

Desa yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini terkenal dengan julukan “Desa Sejuta Gerabah”. Hal itu karena mayoritas masyarakatnya sebagai pengrajin gerabah.

Desa Kasongan merupakan desa wisata yang sangat terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Hasil gerabahnya bahkan menjadi incaran wisatawan mancanegara. Dan hal inilah yang menjadikan masyarakat di Desa Kasongan sejahtera.

7. Desa Sungai Nyaloh

Desa wisata Sungai Nyaloh terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Desa pesisir tersebut memiliki pantai dan bukit dengan suguhan panorama yang indah.

Desa Sungai Nyaloh masih sangat terjaga keasriannya. Di sana juga terdapat 400 hektare hutan mangrove dengan berbagai macam biota laut di dalamnya.

Selanjutnya, kawasan pesisir itu juga memiliki Teluk Carocok Tarusan yang tidak berombak cocok untuk wisata keluarga.

8. Desa Cikole

Desa yang sebagian besar masyarakatnya menjadi petani ini terletak di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sebagian besar masyarakat di Desa Cikole menjadi petani sayuran seperti tomat, sawi, timun, cabai, dan yang lainnya.

Dengan udara yang sejuk serta pemandangan yang asri khas dataran tinggi, Desa Cikole juga berkembang sektor pariwisatanya. Hal ini terlihat banyak wisatawan yang datang ke Desa Cikole.

9. Desa Krui

Desa terkaya selanjutnya ada Desa Krui, yang merupakan kawasan pesisir berlokasi di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Di desa ini terdapat ombak besar berskala internasional atau World Class Wave. Ombak di Desa Krui bahkan disandingkan dengan ombak yang ada di Bali ataupun Hawai.

Selain itu, ada juga wisata lainnya yang akan diberikan bila berkunjung ke sana. Seperti air terjun, Rafting, Water Tubing dan masih banyak lagi.

Dengan demikian Desa Krui sering dikunjungi oleh wisata baik domestik hingga mancanegara.

(artikel ini telah tayang di economy.okezone.com dengan judul “Daftar 9 Desa Terkaya Di Indonesia”)

About admin

Check Also

Tidak Ada Perubahan Untuk Perangkat Desa Di UU No 03/2024, Aksi Besar-Besaran Ataukah Harus Menunggu 5 Tahun Lagi Di Moment Tahun Politik 2029?

Sosialisasi Undang-Undang No 03 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang – undang nomor 6 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *