Kawal Jumat Salam, PPDI Siap Sukseskan Program Pj. Gubernur NTB

Mataram – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi NTB memberikan dukungan penuh dan bahkan siap ikut mensukseskan program Jumat Salam yang digagas oleh Penjabat Gubernur NTB, HL Gita Aryadi. Sebab program akan makin mendekat masyarakat Desa dengan Pemerintah Provinsi.

“Kami PPDI NTB dengan seluruh anggota dengan ribuan jumlahnya yang tersebar di 8 Kabupaten se-NTB siap untuk mengawal dan mensukseskan program Jumat Salam Penjabat Gubernur NTB ini,” ucap Ketua PPDI NTB, Wiro Hamdani, Selasa (10/10/2023) seperti yang dilansir dari antara.

Baca juga : Dukung Eksistensi PPDI, Pj Bupati LombokTimur Dorong Terbitnya NIPD

Dikatakan Wiro program Jumat Salam ini sejalan dengan tujuan SDGs Desa. Dengan turun langsung ke Desa maka Pemprov NTB bisa langsung menyerap aspirasi masyarakat ditingkat bawah dengan begitu pemerintah bisa langsung cepat mengambil kebijakan untuk mengatasi persoalan masyarakat. 

“Program Jumat Salam ini akan benar-benar menyentuh secara langsung kondisi masyarakat desa, dan hal tersebut sangat kami nantikan sehingga permasalahan masyarakat kami yang ada didesa mendapatkan atensi dari Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan Wiro, pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat Desa harus berkelanjutan dan memiliki focus yang dapat menyentuh akar masalah. Ia optimis dengan geliat desa yang mulai bangkit pasca pandemi saat ini memiliki motif dan ciri khasnya masing-masing seperti desa wisata hijau yang ada di bile bante Lombok tengah kemudian juga desa wisata yang ada di lembar selatan Lombok barat bisa terus berkembang.

“Saya yakin saat ini teman-teman saya yang ada di desa-desa lain sedang merangkak maju untuk menyiapkan inovasi demi inovasi untuk dapat memberikan dampak positif kepada masyarakatnya. Maka sekali lagi program Jumat Salam harus di percepat dan di dukung sepenuhnya oleh seluruh pihak yang terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda NTB, H Faturrahman mengaku sangat mengapresiasi PPDI NTB yang memberikan dukungan terhadap kebijakan pemerintah Provinsi NTB, yakni gerakan Jumat Salam. Pihaknya memang sangat mengharapkan peran aktif dan bantuan perangkat desa dalam mensukseskan program Jumat Salam tersebut. 

“Karena banyak program Pemprov NTB ada di Desa-Desa seperti penanganan stunting, Pelaksanaan Posyandu, pendampingan BUMDes maupun BUMDesma, membentuk desa layak anak dan hal hal lainnya.  Hal pokok yang harus di fokuskan dan dituntaskan karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Bahkan ia mengharapkan semua elemen ikut mendukung program pemerintah, semua elemen masyarakat harus berkolaborasi untuk bisa meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di desa. Diharapkan dengan program Jumat Salam ini bisa mempercepat pembangunan di Desa.

Baca juga : Resmi Dilantik, PPDI Banjarnegara Siap Berkolaborasi Dengan Program Pemerintah

“Saya kira tidak hanya PPDI saja yang dapat, terlibat, tapi komunitas lainya juga saya harapkan seperti PAPDESI dan lain-lain, organisasi yang membidangi Desa ini dapat bersinergi secara utuh dengan semua pihak. Sehingga NTB Maju Melaju yang di kemas dengan Jumat salam sesuai arahan Bapak Penjabat Gubernur NTB dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat NTB,” harapnya. 

Diketahui, Pejabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi membuat program Jumat Salam yang mewajibkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turun gunung serta mendengarkan keluh kesah masyarakat di Desa-desa di setiap Jumat sampai Minggu. Kemudian, setelah mendapatkan keluhan dari seluruh masyarakat, maka akan dilanjutkan dengan rapat evaluasi di hari Senin besoknya.

About admin

Check Also

Sekretaris Daerah Buka Raker Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kalimantan Tengah 2024

Pаlаngkа Raya – Sеkrеtаrіѕ Dаеrаh (Sеkdа) Provinsi Kalimantan Tеngаh, H. Nuryakin, mеmbukа Rараt Kеrjа Penyelenggaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *